Mengenal Lebih Dekat Teknologi Generasi Kelima 5G

Diposting pada

 

Mengenal Lebih Dekat Teknologi Generasi Kelima 5G – Isu jaringan 5G sebenarnya telah gencar dikumandangkan di negara-negara maju sejak tahun 2014 silam. Di mana kala itu negara Indonesia justru masih gencarnya memperkenalkan jarigan 4G, dan di beberapa daerah masih ada yang hanya dapat mengakses internet dengan jaringan 2G. namun, seiring berkembangnya zaman dan persiapan yang tepat, Indonesia pun harus siap untuk jarigan 5G.

Mengenal Lebih Dekat Teknologi Generasi Kelima 5G
Mengenal Lebih Dekat Teknologi Generasi Kelima 5G

Sejarah dan Perkembangan Tekologi 5G

Jika ditanya mengenai siapa yang turut andil dalam kemunculan teknologi berjaringan 5G, dunia pun sepakat bahwa Michael Lemke adalah bapak jaringan generasi kelima ini. Tentunya bukan tanpa alasan hingga Lemke menjadi penemu dari teknologi 5G, karena sejak tahun 2016 bulan Januari, dia telah melakukan penelitian terkait jaringan generasi kelima di Dreden University of Technology.

Bahkan penelitian ini memiliki tujuan yang luar biasa, yakni 5G nantiya akan digunakan sebagai dasar internet of things yang mampu menghadirkan konektivitass intenet tiada henti. Jaringan dari generasi kelima ini juga memiliki tujuan untuk membangun smart city, di mana perkotaan memiliki integrasi teknologi informasi dan komunikasi, serta teknologi internet untuk segala aspek, termasuk dalam mengelola asset kota.

Jaringan generasi kelima ini juga diteliti guna menghadirkan telemedicine. Tentunya ini akan sangat membantu Anda dalam mengakses layanan kesehatan. Selain itu, Anda dapat melakukan kontrol perawatan dengan mudah bersama dokter mlalui jaringan 5G. bahkan, dengan adanya teknologi 5G ini, diharapkan melakukan antrean lebih mudah ketika diharuskan untuk control langsung ke rumah sakit yang dituju.
Jerman menjadi negara yang akan membantu mewujudkan teknologi generasi kelima 5G melalui 5G Lab Germany yang ada di Dreden University of Technology. Lemke yang merupakan ahli fisika dengan gelar doctor (PhD) bersama 22 profesor serta 600 karyawan penyedia internet Vadafone, Nokia, Ericcson, dan Bosc, yang dipimpin oleh Frank Fitzek, siap untuk mewujudka teknologi masa depan 5G.

Indonesia Bersiap Terapkan Teknologi 5G

Indonesia memang sedikit lamban dalam menyediakan teknologi beserta jaringan yang sangat diharapkan sebagai teknologi masa depan ini. Namun, negara berkembang yang satu ini tetap ingin mengimbangi perkembangani teknologi dari negara maju, dan mempersiapkan untuk menyambut teknologi 5G. Masyarakat Indonesia yang telah merasakan mejelajah internet dengan jaringan 4G, nampaknya perlu bersiap sambut teknologi generasi kelima 5G.

Kesiapan negara berkembang, Indonesia, akan teknologi 5G memang belum merata, tapi sudah mulai ada titik terang untuk masyarakat dapat menikmati layanan konektivitas yang lebih luas lagi. Terdapat pro dan kontra mengenai teknologi berjarigan yag dianggap sebagai masa depan ini, karena masyarakat Indonesia sendiri kerap mengalami ketidakstabilan koneksi ketika menggunakan koneksi 4G.
Bahkan berbaga operator telekomunikasi justru berlomba-lomba memberikan harga yang terjangkau untuk dapat menikmati koneksi internet, tapi tidak diimbangi dengan memberikan koneksi yang stabil. Ada keraguan terhadap layanan 5G jika diaplikasikan di negara berkembang ini. Namun, tidak serta merta keraguan akan persiapan Indonesia terhadap teknologi generasi kelima 5G ini untuk tidak dilanjutkan.

Baca Juga
Tips Membersihkan Virus Pada Android Dengan Cepat
Cara Mempercepat HP Android Agar Tidak Lemot
Daftar Kode Nomor Kartu Operator Seluler Indonesia

Sebab, tercatat pada data analisi Ericson tahun 2017 lebih dari 400 juta lebih dalam jangka enam tahun ke depan, yakni diprediksi tahun 2023 Indonesia akan menyumbang setidaknya lebih dari 80 persen yang akan menggunakan jaringan 5G. Meski Indonesia memiliki kesulitan dalam mengembangkan teknologi masa depan 5G ini, tapi cukup optimis di tahun 2021 sudah mulai nampak pergerakan untuk menuju teknologi 5G.

Kesulitan Indonesia sendiri dalam mengembangkan teknologi generasi kelima 5G ialah belum adanya frekuensi 0 hingga 100 Hz untuk jaringan yang super cepat dan luas tersebut. Jika dibandingkan dengan Jepang dan Korea yang akhirnya memilih untuk menggunakan frekuensi 4 Hz dalam upaya pemerataaan 5G. Sehingga, ada kemugkinan Indonesia akan butuh waktu hingga tahun 2022 dalam menyediakan frekuensi yang dibutuhkan jaringan 5G.

Masyarakat Indonesia harus bersabar untuk menyambut teknologi masa depan yang seolah tanpa batas dan memberikan kemudahan di segala aspek ini. Frekuensi 2.3 Hz pun dilelang dan yang memenangkannya ialah Telkomsel, dan provider ini ditunjuk oleh pemerintah untuk menyiapkan komponen yang mendukung jaringan 5G. Teknologi masa depan ini akan diterima oleh masyarakat yang ada diperkotaan padat penduduk.

Perkembangan awal jaringan 5G ini akan menguntungkan Anda yang tinggal di daerah perkotaan dengan padat penduduklah. Bagi Anda yang tinggal di daerah yang jauh dari kota, harap berlapang dada, dan sama-sama berharap dengan hadirnya teknologi generasi kelima 5G dapat menyempurnakan jaringan 4G. Sehingga, tidak ada lagi hambatan untuk berseluncur menggunakan internet dengan berbagai jenis provider dan juga smartphone.

Kelebihan Teknologi 5G

Era 5G selalu digadang-gadangkan menjadi jaringan yag memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni 4G. Bahkan brand selular Huawei memiliki prediksi pada 2025 mendatang, teknologi 5G akan diadopsi oleh setidaknya sekitar 2.8 miliar orang di seluruh dunia akan menggunakannya. Konektivitas yang dimiliki oleh teknologi berjaringan 5G ini menjanjikan kecepatan dan kestabilan penggunaan internet.

Teknologi generasi kelima 5G ini dapat disematkan pada mobil, sehingga akan sagat memungkinkan mobil yang satu dengan yang lainnya dapat berkomunikasi, sehingga setiap mobil dapat terlacak satu sama lain. Lyaknya CCTV, PC atau laptop dengan jaringan 5G juga dapat dikontrol dari jarak jauh. Jaringan teknologi masa depan ini juga mampu membantu untuk mendeteksi adanya bencana alam.

Selain itu, tim evakuasi atau upaya pencarian orang hilang dapat dibantu dengan menggunakan jaringan geneari evolusi ini. Layaknya suatu GPS dalam menemukan suatu lokasi, maka jaringan 5G dapat menemukan orang yang hilang dalam suatu bencana atau lainnya. Tentunya yang menjadi keunggulan da yang paling dinantikan dari jaringan 5G ialah koneksi internet yang cepat dan juga stabil.

Sehingga saat Anda harus mengunggah atau mengunduh berbagai data bisa sekali klik dan menunggu dalam hitungan detik, semua selesai secara mulus. Para pebisnis atau juga perusahaan besar yang membutuhkan jaringan internet dalam produksinya, tentu akan sangat diuntungkan dengan kecepatan dan kestabilan dari konektivitas 5G ini. Jaringan teknologi generasi kelima 5G ini juga memiliki kelebihan dalam menghemat baterai smartphone.

Kekurangan Teknologi 5G

Ketersediaan frekuensi jaringan di Indonesia sendiri nampaknya belum mumpuni untuk menyambut teknologi 5G. Sehingga akan ada pembatasan penggunaan. Kenyataan yang akan didapatkan ketika Indonesia menghadirkan 5G ialah jaringannya justru terbatas, karena belum memadai. Telah disebutkan selama masa pengembangan, hanya daerah perkotaan dan padat penduduk yang dapat menjajal penggunaan 5G.

Apabila dipaksakan pun, frekuensi jaringan di Indonesia akan penuh dan justru dapat menimbulkan masalah yang lain. Belum lagi teknologi dengan jaringan yang tanpa batasan, menurut riset yang dilakukan University Lorraine dan University of Dundee ini memiliki kelemahan dalam privacy dan keamanan. Sehingga, peretasan jauh lebih mudah masuk ketka jaringan tidak memiliki batasan, seperti pada 5G ini.

Mengenal lebih dekat teknologi generasi kelima 5G akan memberikan pengetahuan dan beberapa pertimbangan yang dapat Anda simpulkan. Setiap generasi terbaru dari suatu teknologi memang selalu menimbulkan pro dan kontra dari setiap kelebihan serta kekurangan yang turut serta ada di dalamnya. Para pengembang dan peneliti pasti akan mengupayan setiap kekurangan tersebut untuk diminimalisir agar 5G menjadi sempurna.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *