Perbedaan dan Fungsi RAM dan ROM Pada Smartphone

Diposting pada

Apakah kalian tahu apa itu RAM dan ROM? RAM dan ROM di hp android memiliki makna yang sama dengan apa yang ada di komputer.

Keduanya harus ada di setiap hp Android atau Iphone yang digunakan untuk menyimpan data atau file penting di dalamnya. Akan tetapi, banyak orang yang bingung mengenai apa itu RAM dan ROM.

Sehingga banyak orang yang sering keliru ketika diminta untuk menunjukan mana itu RAM dan mana itu ROM.

Pengertian RAM dan ROM pada Android iphone laptop

Berikut adalah beberapa perbedaan antara RAM dan ROM di HP android

Pengertian RAM dan ROM

RAM (Random Access Memory) merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyimpan berbagai data atau file, namun sifatnya hanya sementara. Sewaktu-waktu kalian bisa menghapus data atau file yang sudah disimpan di dalam RAM.

Sementara ROM (Read Only Memory) adalah alat untuk menyimpan data yang bersifanya permanen. ROM hanya memberikan tampilan data atau file yang tidak bisa diotak atik oleh penggunanya.

Baca Juga
Spesifikasi HP Advan s5e 4G HP Lokal Murah Meriah
Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi Note 7 Pro

Cara Kerja RAM dan ROM

Cara kerja antara RAM dan Rom berbeda, ketika sistem operasi sedang berjalan, maka akan ada banyak sekali data yang masuk ke dalam RAM.

Semakin banyak aplikasi di hp android yang kalian jalankan nantinya akan mempengaruhi kapasitas penyimpanan RAM semakin lebih banyak. Sehingga, bia smartphone kalian memiliki RAM kecil, biasanya kapasitas penyimpanan akan semakin cepat penuh.

Sementara kinerja ROM sendiri tidak akan mempengaruhi kapasitas penyimpanan. Akan tetapi, ROM membutuhkan tenaga listrik untuk menyimpan data di dalamnya. Data yang disimpan nantinya bersifat permanen dan sudah tidak dapat diotak atik kembali. Meskipun listrik mati, data atau file dalam ROM tidak akan hilang. Berbeda dengan RAM yang bisa saja hilang seketika ketika listrik atau laptop kalian mati.

Kapasitas RAM dan ROM

Ketika kalian membeli sebuah smartphone, hal yang kalian sering perhatikan pastinya RAM dan juga ROM nya ya kan! Semakin besar RAM dan ROM yang dipilih maka performa hp android yang dibeli akan semakin baik.

Kebanyakan para gaming membeli smartphone dengan kapasitas RAM minimal 4 Gb. Hal itu agar smartphone yang digunakan tidak mengalami ngelag atau kendala apapun saat memainkan game.

Selain itu, hal menonjol yang sering kita lihat adalah kapasitas RAM lebih kecil dibandingkan dengan ROM. Seperti halnya kalian membeli hp, untuk RAM 2 Gb ROM 16 Gb, RAM 4 Gb, ROM 64 Gb, dan seterusnya.

Bahkan kapasitas ROM bisa ditingkatkan dengan menambahkan kartu memori di dalamnya. Dengan begitu, kapasitas penyimpanan yang ada di hp kalian akan semakin besar.

Fungsi RAM dan ROM

RAM dan ROM sebetulnya memiliki fungsi yang sama antara satu sama lain. Hanya saja ada beberapa hal yang membedakannya saja. Fungsu utama dari RAM dan ROM adalah sebagai alat untuk menyimpan data atau file di dalam hp android.Semua data atau file yang telah kalian buat bisa disimpan dengan menggunakan RAM dan ROM.

Hal yang membedakannya ialah RAM digunakan untuk menyimpan data yang hanya bersifat sementara saja, sementara ROM permanen. Keduanya memiliki resiko masing-masing ketika melakukan penyimpanan. Bisa saja data atau file yan kalian simpan bakal hilang apabila menyimpannya di dalam RAM.

Yang terpenting bagi kalian adalah selalu menyimpan data atau file yang telah dibuat supaya tidak terjadi masalah ketika Smartphone atau HP tiba-tiba mati atau kendala lainnya.

Penutup

Itu dia pengertian dan perbedaan antara RAM dan ROM, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda semua dan bisa memberikan pengetahuan seputar dunia teknologi kepada anda semua.

Jika masih ada yang ingin ditanyakan seputar RAM dan ROM silahkan bertanya dikolom komentar. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *