Mencari Iphone Hilang Dengan Fitur Find My Iphone

Diposting pada

Cara mencari perangkat Apple yang hilang menggunakan fitur Find My iPhone. Dengan adanya layanan ini, pengguna dapat mencari posisi iPhone yang hilang. Selain untuk mencari iPhone, aplikasi ini juga berguna untuk mencari perangkat Apple lainnya, seperti iPad, iPod Touch, Mac, Apple Watch, dan AirPods.

Dapat digunakan melalui iPad dan iPod Touch dengan syarat selama perangkat terhubung dengan internet. Meski kehilangan ini biasanya terjadi karena tindak kejahatan, tetapi tak menutup kemungkinan keteledoran sang pemilik bisa menjadi biang keroknya.

Ketika iPhone dicuri atau hilang, Apple menawarkan sebuah fasilitas gratis untuk membantu menemukan atau mendapatkannya kembali. Bahkan jika tidak bisa mendapatkannya kembali, maka dengan cara ini kita dapat mencegah pencuri mendapatkan data pribadi pengguna iPhone.

berikut akan saya jelaskan fitur dari Produk apple yang sangat berguna ini, untuk kalian yang sudah tidak sabar mari disimak baik baik artikel ini

melacak hp iphone yang hilang dengan find my iphone

Cara Mengatur Fitur Find My iPhone Pada Perangkat Apple :

  • Aktivasi fitur terlebih dahulu . Ini sangat penting. Karena tidak ada cara untuk mengaktifkan ‘Find My iPhone’ setelah ponsel hilang atau dicuri.
  • Buka menu Pengaturan (Settings) yang ada di home screen Jika menggunakan iOS 10.3 ke atas, ketuk Apple ID dibagian atas lalu pilih menu iCloud.
  • Jika menggunakan iOS 10.2 atau versi lebih lama, buka menu Pengaturan (Settings) lalu pilih iCloud Kemudian gulir ke bawah, cari dan pilih Find My iPhone (Cari iPhone Saya). Geser togle ke posisi on untuk mengaktifkan fitur Find My iPhone dan Send Last Location.

Catatan :
Perlu diingat, ketika fitur ini sudah diaktifkan, maka aksesori Apple yang terhubung seperti Apple Watch dan AirPods juga akan diatur secara otomatis.

 

Baca Juga
Cara Memakai Iphone Bagi Pengguna Baru (Pemula)
6 Alasan Kenapa Anda Harus Beralih Dari Android Ke Iphone
Cara Membuka Iphone Yang Terkunci Karena Salah Passcode

Cara Mengaktifkan Fitur Find My iPhone

  • Buka menu pengaturan (“Settings”). Menu ini ditandai oleh ikon roda gigi abu-abu (⚙️) dan biasanya ditampilkan di home screen.
  • Sentuh ID Apple Anda. ID akan ditampilkan di segmen atas menu dan memuat nama dan foto (jika sudah diunggah).
  • Jika belum masuk ke ID Apple, sentuh pilihan “Sign in to (perangkat Anda)”, masukkan ID Apple dan kata sandinya, kemudian sentuh “Sign In”.
    Catatan : untuk iOS dengan versi yang lebih lama, tidak perlu mengikuti langkah ini.
  • Sentuh pilihan iCloud di segmen kedua menu.
  • Geser layar dan sentuh Find My iPhone. Yang terdapat pada menu “APPS USING ICLOUD”.
  • Geser alihan “Find My iPhone” ke posisi aktif (“On”). Warna alihan akan berubah menjadi hijau. Fitur ini memungkinkan Anda menemukan lokasi iPhone melalui perangkat lain.
  • Geser alihan “Send Last Location” ke posisi aktif (“On”). Sekarang, iPhone akan mengirimkan lokasi ke Apple ketika daya perangkat sudah sangat lemah, sebelum perangkat mati.

Menggunakan Fitur Find My Iphone di iPhone atau iPad Lain

  1. Buka Find My iPhone pada perangkat lain.
  2. Sign In dengan ID Apple dan kata sandi yang terdapat pada ponsel iPhone anda sendiri.
    Jika Anda menggunakan aplikasi pada perangkat milik orang lain, untuk memilih “Sign Out” yang ada di pojok kanan atas halaman aplikasi terlebih dahulu agar ID Apple anda bisa masuk.
  3. Sentuh iPhone Anda. iPhone akan ditampilkan di daftar perangkat yang ada di bawah peta. (Lokasi iPhone akan ditampilkan pada peta).
    Ketentuan : jika ponsel dimatikan/dayanya telah habis, aplikasi akan menunjukkan lokasi terakhir perangkat.
  4. Tombol Actions. Tombol ini berada di sisi tengah bawah layar.
  5. Sentuh Play Sound. Tombol ini berada di pojok kiri bawah layar. Jika ponsel masih berada di sekitar, ponsel akan memainkan suara untuk memudahkan pencarian.
  6. Sentuh Lost Mode. Tombol ini berada di sisi tengah bawah layar. Gunakan pilihan ini jika iPhone hilang di suatu tempat dan mungkin ditemukan oleh orang lain. Anda juga bisa menggunakan pilihan ini jika anda memiliki dugaan kuat bahwa perangkat dicuri oleh seseorang.
  7. Kemudian masukkan kode kunci ponsel. (Gunakan serangkaian nomor acak yang tidak berkaitan dengan pemilik. Ini artinya, jangan gunakan nomor kartu jaminan sosial, tanggal lahir, nomor SIM, atau nomor lainnya yang bersifat pribadi).
  8. Kirimkan pesan dan nomor kontak yang akan ditampilkan di layar ponsel.
    Jika iPhone berada dalam jaringan, ponsel akan segera dikunci dan tidak bisa diatur ulang tanpa kode kunci. (pemilik bisa melihat lokasi ponsel saat ini, serta perubahan lokasinya).Jika iPhone berada di luar jaringan, ponsel akan terkunci setelah dinyalakan. Pemilik akan mendapatkan surel notifikasi dan dapat melacak posisi ponsel.
  9. Sentuh Erase iPhone. Pilihan ini berada di pojok kanan bawah layar. Gunakan pilihan terakhir ini jika ada kekhawatiran jika Anda merasa bahwa informasi pribadi pada perangkat dapat disalahgunakan.
    Pilihan ini akan menghapus semua data pada iPhone. Ini artinya, semua data pribadi sekaligus juga tidak bisa lagi menggunakan fitur Find My iPhone untuk menemukan perangkat.Tips: Membuat berkas cadangan dari iPhone ke iCloud atau iTunes secara berkala jika sewaktu-waktu anda perlu mengembalikan data yang terhapus.

Menggunakan Fitur Find My Iphone di iCloud.com

Jika hal tersebut telah dilakukan, maka buka https://www.icloud.com/ di browser web.

  1. Masuk ke iCloud menggunakan akun yang digunakan ketika memasang Find My iPhone. (akun Apple ID / iTunes).
  2. Klik pada ‘Find iPhone’ di bawah menu berbasis web yang ditawarkan oleh iCloud. ‘Find My iPhone’ akan segera mulai mencoba menemukan semua perangkat yang telah diaktifkan. Pesan akan muncul di layar pada saat proses pencarian.
  3. Jika pengguna memiliki lebih dari satu perangkat yang telah di pasang ‘Find My iPhone’, klik ‘All Devices’ (Semua Perangkat) di bagian atas layar dan pilih perangkat yang akan dicari.
  4. Jika lokasi perangkat iOS ditemukan, ‘Find My iPhone’ akan memperbesar peta dan memperlihatkan lokasi perangkat menggunakan titik berwarna hijau. Ketika ini terjadi, pengguna dapat memperbesar atau memperkecil peta, dan melihatnya dalam berbagai mode standar, satelit, dan hybrid, seperti di Google Maps. Ketika perangkat ditemukan, sebuah jendela akan muncul di sudut kanan browser web yang memungkinkan pengguna mengetahui berapa banyak baterai yang dimiliki ponsel dan juga menawarkan beberapa opsi.
  5. Klik Play Sound (Mainkan Suara). opsi pertama yang fungsinya mengirimkan suara ke perangkat. Jika lokasi yang tidak jauh, opsi Ini juga dapat membantu apabila seseorang yang kita kenal memiliki perangkat tetapi tidak mau mengakuinya.
  6. Pengguna juga dapat mengklik opsi Lost Mode (mode kehilangan). Ini memungkinkan pengguna untuk mengunci layar perangkat dari jarak jauh dan membuat kode sandi (walaupun sebelumnya belum membuat kode sandi). Agar mencegah pencuri menggunakan perangkat atau mengakses data pribadi.
  7. Setelah tombol Lost Mode diklik, masukkan kode sandi yang ingin digunakan. Jika sudah memiliki kode sandi di perangkat, kode itu yang akan digunakan. Pengguna juga dapat memasukkan nomor telepon di mana orang yang memiliki perangkat dapat menghubungi pengguna. Kadang pengguna mungkin tidak ingin membagikan informasi tersebut jika ponsel sudah dicuri. Pengguna juga memiliki opsi untuk menulis pesan yang dapat ditampilkan di layar perangkat.
  8. Apabila perangkat terlihat sedang bergerak, klik titik hijau yang mewakili ponsel dan kemudian klik tanda panah bulat di jendela pop-up. Ini akan memperbarui lokasi perangkat dengan menggunakan data GPS terbaru.
  9. Klik Erase (hapus). Untuk dapat melakukan ini, Pengguna kemudian akan melihat peringatan ‘jangan lakukan ini kecuali jika benar-benar yakin ingin melakukannya’. Klik kotak yang mengatakan bahwa anda mengerti apa yang anda lakukan dan klik ‘Erase’. Proses ini akan menghapus semua data di ponsel dan mencegah pencuri mengaksesnya.
  10. Jika nantinya anda mendapatkan kembali perangkatnya, maka anda dapat memulihkan data dari cadangan (backup).

Cara melacak Iphone Yang Hilang Jika iPhone dalam keadaan offline/mati ?

Walaupun pengguna telah memasang ‘Find My iPhone’, perangkat mungkin tidak muncul di peta. Hal ini disebabkan hal-hal berikut ini:

1. Ponsel dimatikan atau baterai habis.
2. Ponsel tidak terhubung ke Internet.
3. Layanan lokasi telah dinonaktifkan.

Apa jalan alternatifnya jika ‘Find My iPhone’ tidak berfungsi karena hal-hal tersebut?

Periksa kotak ‘Notify Me When Found’. ‘Find My iPhone’ akan memberi tahu kapan perangkat atau ponsel terhubung ke Internet sehingga pengguna dapat menemukannya.

Ketiga opsi – Play Sound, Lost Mode, dan Erase tersedia. Gunakan opsi mana saja yang dinginkan dan pada saat perangkat terhubung ke Internet, opsi yang dipilih akan dijalankan.

Namun jika pengguna telah menjual atau memberikan perangkat ke orang lain dan tidak ingin itu muncul di ‘Find My iPhone’ jangan lupa untuk pilih ‘Remove from Account’.

Penutup

Nah itu dia beberapa cara yang bisa kalian lakukan jika HP Iphone milik kalian hilang, dan semoga kalian tidak mengalami hal ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *